Senin, 01 Oktober 2012

Dinamika Atmosfer


DINAMIKA ANTROPOSFER

ANTROPOSFER

Antroposfer adalah lingkungan bagian permukaan bumi yang dihuni oleh manusia. contoh antroposfer berupa wilayah perkotaan, pedesaan, lokasi pemukiman dan sebagainya. Antroposfer berasal dari bahasa latin, yaitu antropos yang berarti mausia dan spaira yang artinya lingkungan. Jadi, antroposfer merupakan bagian dari geosfer yang merupakan tempat hidup manusia. dalam perkembangannya ,terbentuknya sistematika antroposfer di sebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya ,sebagai berikut ;

 1. Faktor Ilmiah
 Para ahli geografis mengemukakan 7 faktor linggkungan alam yang melandassi kehidupan manusia ,faktor lingkungan alam tersebut akan menpengaruhi kehidupan manusia dalam kegiatan sosial, ekonomi, poplitik, budaya dan religi.
 faktor faktor alam yang mempengaruhi kehidupan manusia adalah sebagai berikut ;

 A. Lokasi Geografis
Lokasi geografis di bedakan menjadi 2 , antara lain ;
 1) lokasi absolut ,yaitu lokasi yang di tentukan oleh garis lintang dan garis bujur di permukaan bumi.penentunya secara sistematis dan tidak dapat di rubah.
 2) lokasi relatif , yaitu berkaitan dengan daratan dan perairan ,lokasi ini menyangkut keterjangkaun (aksesibilisi) suatu daerah.

B. Topografi Atau Relief
 Daerah dengan topografi terlalu tinggi ,terlalu miring dan terlalu bergelombang ,seperti daerah pegunungan dan dataran tinggi cenderung lebih sulit berkembang di bandingkan dengan daerah yang memiliki topografi relatif datar seperti di daerah dataran rendah.




 C. Struktur Geologis
Srtuktur geologis pda permukaan bumi mempengaruhi geomorfologi suatu wilayah, geomorfoligi sangat berpengaruh terhadap pola kehidupan penduduk yang ada di wilayah tersebut,khususnya kegiaan ekonomi

 D. Iklim
 Iklim adalah faktor lingkungan yang sangat penting dalam memengaruhi kegiatan manusia. kekayaan budaya banyak sekali di pengaruhi oleh iklim ,misalnya model pakaian ,bangunan rumah dan sistem pertanian.

 E. Tanah ( Edafik )
Tanah merupakan lapisan lapisan dari permukaan bumi ,tanah memlki peranan penting pada kehiduan manusia di antara nya untuk tempat tinggal dan lahan untuk sebagai kegiatan bercocok tanam , tanah sebagai salah satu sumber daya alm yang harus di jaga.

 F. Tumbuhan
 Tumbuhan atau vegetasi ,baik yang alami maupun vegetasi buatan sebagai budi daya mmanusia bermanfaat antara lain ;
 1) Sebagai bahan makanan baik bagi manusia atau binatang (khususnya binatang memamah biak)
 2)  Sebagai bahan dasar obat- obatan tradisional
 3)  Sebagai bahan dasr pembutan bahan cosmetic
 4) Penghasil kayu untuk bahan indusri, rumahan, sandanng, kerajinan dan sebagainya.

 G. Hewan
 Terdapat hubungan yang erat antara vegetasi dan hewan yang hidup secara ilmiah maupun yang telah di budidayakan manusia ,manusia memanfaatkan hewan untuk emebantu pekerjaan nya, sumber makanan dan jga rekreasi , namun ada pula hewan yang emnggangu kehidupa manisia misalnya hewan yang menggangu usaha pertanan . dan ada pula hewan yang menyebarkan penyakit.


 2. Faktor Adaptasi Manusia
kehidupan manusia tidak terlepas dari perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu ,perubahan tersebutantara lain perubahan lingkungan fisik ,biologis serta lingkungan sosial terjadinya perubahan tersebut menyebakan seluruh makluk hidup termasuk manusiaperlu melakukan penyesuaian dengan lingkungan nya agar dapat mempertahan kan hidupnya dan memenuhi kebutuhan hidup yang diperlukan . penyesuain diri terhadap lingkiungan di namkn suatu tindakan adaptasi
dan adaptasi di bedakan menjadi 2 yaitu , adaptasi somatis dan adaptasi genetis. 
Penduduk adalah semua orang yang pada waktu sensus dilaksanakan telah enam bulan lamanya bertempat tinggal di suatu Negara.

Manusia Sebagai Sumber Daya
Sumber daya terdiri dari 3 macam yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya cultural/kebudayaan. Manusia sebagai sumber daya maksudnya bahwa dengan akal pikiran manusia, manusia dapat memanfaatkan/mengolah sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya serta mampu menciptakan sumber daya kultural sebagai sarana pemenuhan kebutuhan. Posisi manusia disini dapat diartikan sebagai khalifah di muka bumi.
Sumber daya terdiri dari tiga yaitu :
1.   Sumber Daya Alam (SDA)
SDA adalah segala sesuatu yang tersedia di alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. SDA dapat diartikan sebagai alat/obyek untuk memuaskan kebutuhan manusia. Misalnya : air, tanah, udara, barang tambang, hutan dsb.
2.  Sumber Daya Manusia (SDM)
SDM adalah kemampuan manusia dalam mengolah SDA agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sebagaimana kebutuhannya. Misalnya manusia menebangi kayu dan membangun rumah dengan kayu tersebut untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal. Kemampuan manusia tersebut disebut dengan tenaga yang terdiri dari :
a. Tenaga Trampil
Tenaga yang terbentuk karena proses pengalaman saja tanpa melalui pendidikan ilmiah. Misalnya : kemampuan menjahit tanpa kursus.

b. Tenaga Terdidik
Tenaga yang terbentuk karena pengalaman belajar di sekolah atau tempat kursus. Misalnya : kemampuan membaca.
c. Tenaga Ahli
Tenaga yang terbentuk oleh kegiatan belajar mengajar dan pengalaman. Misalnya: dokter yang telah menjalani pembelajaran di PT dan telah memiliki pengalaman kerja bertahun-tahun.
3. Sumber Daya Culture (SDK)
SDK adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia dapat berupa barang maupun bukan barang yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia maupun sebagai media pemuas kebutuhan manusia.

Komposisi Penduduk
Komposisi penduduk adalah pengelompokkan penduduk yang didasarkan pada usia, jenis kelamin, agama, pendidikan, mata pencarian, dan suku bangsa.
A.    Macam-macam komposisi penduduk
1. Berdasarkan aspek biologis
Misalnya : penduduk di suatu desa digolongkan berdasarkan umur dan jenis kelamin.
Komposisi penduduk menurut usia dan jenis kelamin sangat penting untuk mengetahui hal-hal berikut:
a)      Jumlah penduduk
b)      Jumlah angkatan kerja
c)      Angka ketergantungan
d)     Peramalan penduduk dimasa mendatang
e)      Jumlah penduduk wanita dalam masa subur

Komposisi penduduk menurut usia dapat  dikelompokkan menjadi :
a)      penduduk usia belum produktif        : 0 - 14   tahun
b)      Penduduk  usia produktif                  : 15 - 64 tahun
c)      Penduduk tidak produktif                : lebih dari 64 tahun


2. Berdasarkan aspek sosial
Penduduk digolongkan berdasarkan tingkat pendidikan, kesehatan  dan status perkawinan.
Komposisi penduduk menurut tingkat pendidikan :
a)      Tingkat kepandaian membaca dan menulis (literacy skill)
b)      Tingkat pendidikan yang ditamatkan
c)      Jenis pendidikan yang pernah ditempuh

Komposisi penduduk menurut status perkawinan dibedakan menjadi :
a)      Belum kawin
b)      Kawin
c)      Duda / janda

3. Berdasarkan aspek ekonomis
Penduduk digolongkan berdasarkan jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan. Misalnya : petani, pedagang, karyawan, pegawai negri dan status perkawinan. Padakomposisi ini dapat diketahui tipe pendduk pada suatu negara apakah termasuk masyarakat tradisional (berkembang) atau industri (modern).
a.       jika sektor agraris masih mendominasi mata pencarian penduduk suatu wilayah, maka masyarakat tersebut dikategorikan kedalam masyarakat trasisional.
b.      jika sektor industri sudah mendominasi sektor pertanian, maka dikategorikan masyarkat industri.

4. Berdasarkan aspek geografis
Penduduk di golongkan berdasarkan lokasi tempat tinggal. Misalnya : perbedaan jumlah penduduk kota dan penduduk desa.

Komposisi penduduk menurut usia suatu negara/ wilayah berpengaruh terhadap struktur penduduk. struktur penduduk adalah:
1. Struktur penduduk muda, adalah susunan penduduk suatu negara yang sebagian besar terdiri dari penduduk usia muda. karena disebabkan oleh tingkat kelahiran lebih tinggi daripada tingkat kematian.
2. Struktur penduduk dewasa,  adalah struktur penduduk suatu negara yang sebagian besar usia dewasa. karena dipengaruhi oleh tingkat kelahiran  dan tingkat kematian yang rendah.
3. Struktur penduduk tua, adalah susunan penduduk yang sebagian besar penduduk usia tua. karena dipengaruhi tingkat kelahiran yang rendah, sedangkan tingkat kematiannya tinggi.

Komposisi penduduk menurut usia biasanya digambarkan dalam betuk grafik yang dinamakan  piramida penduduk. piramida penduduk artinya grafik susunan penduduk menurut umur dan jenis kelamin pada waktu tertentu.

Piramida Penduduk Muda : piramida yang menunjukkan pertumbuhan kelompok umur muda. Ini menunjukkan tingkat kelahiran dan kematian tinggi. Cth : Indonesia


manfaat piramida penduduk :
  1. untuk mengetahui jumlah penduduk pria dan wanita
  2. untuk mengetahui pertumbuhan penduduk suatu wilayah atau negara.
  3. untuk mengetahui jumlah penduduk usia sekolah
  4. untuk mengetahui golongan penduduk prosuktif dan tidak prosuktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar